5 Makanan Tradisional Khas Betawi

  Cepy      

Makanan Khas Betawi

Hy, semua..

Makanan khas, Indonesia mempunyai banyak sekali makanan Tradisional , Dari Sabang hingga Merauke mereka semua memiliki selera kuliner, cita rasa,dan keunikan makanan tersendiri. Betawi merupakan suku khas Indonesia, suku betawi berada di Jakarta. Sekarang apa sih, makanan khas Betawi yang populer?

Hasil gambar untuk makanan Betawi

Berikut 5 Makanan Tradisional atau Makanan Khas Betawi :


1. Gado-Gado

Hasil gambar untuk gado gado
Makanan khas nusantara ini berasal dari betawi. Makanan ini merupakan salah satu makanan populer di Jakarta. Gado-Gado merupakan makanan tradisional berupa sayuran yang disiram dengan bumbu kacang, biasanya disertakan juga telur rebus, bawang goreng, dan kerupuk. Gado-gado dapat dimakan mentah atau bisa juga dimakan bersama sepiring nasi hangat.


2. Kerak Telor

Hasil gambar untuk kerak telor

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini ? . 
Kerak Telor juga termasuk makanan khas betawi. Makanan ini mungkin makanan betawi yang terpopuler.Kerak telor terbuat dari telur ayam,ebi,bawang goreng dan beras ketan putih yang disangrai hingga kering kemudian di beri bumbu-bumbu seperti jahe,kencur, gula garam,dll.


3. Soto Betawi

Hasil gambar untuk soto betawi

Soto Betawi merupakan salah satu makanan betawi yang dipandang enak, seperti soto-soto pada umumnya soto Betawi juga menggunakan jeroan,atau organ lainnya. Makanan ini sudah Go-Internasional lho... hal itu membuktikan betapa lezatnya makanan ini

4. Asinan Betawi

Hasil gambar untuk asinan betawi

Asinan Betawi salah satu makanan khas Betawi berupa asinan. Asinan ini sangat digemari oleh masyarakat khususnya orang betawi selain rasanya yang enak, cara pembuatannya terbilang cukup mudah dan simple !. Makanan ini berupa sayuran,buah buahan,kerupuk,kacang goreng yang disiram dengan kuah yang kental dan manis. Rasanya enak sekali, asin, manis, kecut semua jadi satu. Pokoknya kamu wajib coba makanan yang satu ini kalau kamu lagi di Jakarta

5. Kue Rangi

Resep Kue Rangi

Mungkin ada dari kalian yang belum tahu tentang makanan ini. Kue Rangi namanya. Kue Rangi adalah makanan khas betawi yang punya cita rasa yang unik, tak ada duanya. Makanan ini umumnya dijual oleh pedangang kaki lima , walaupun makanan kaki lima tapi rasanya Bintang Lima. Sebenarnya membuat kue Rangi cukup mudah kalian hanya perlu menyiapkan tepung sagu tani,air,garam, ampas kelapa, bahan tersebut diuleni dan masukkan ke cetakkan.Lalu panaskan dengan api sedang 5 menit. Biasanya Kue Rangi ini disajikan dengan saus, yang terbuat dari rebusan air dan gula merah, dan dikentalkan dengan tepung sagu tani.


***
Itulah beberapa makanan tradisional khas Betawi. Indonesia tidak hanya kaya dengan ragam budaya,ragam wisata saja. Jangan anggap sebelah mata Keragaman Kuliner Bangsa Indonesia ! 
logoblog

Thanks for reading 5 Makanan Tradisional Khas Betawi

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk

    BalasHapus
  2. Sangat membantu rekomendasinya. Kunjungi web berikut untuk mendapatkan informasi menarik https://cokotikd.blogspot.com/2021/09/cara-menggunakan-kode-undangan-tiktok.html

    BalasHapus