Samakah Melayu di Indonesia dan Malaysia ?

  Cepy      

Perbedaan melayu Indonesia dengan melayu Malaysia

ya, apa kabar semua.... kali ini kita akan membahas tentang perbedaan melayu di Indonesia dengan melayu di malaysia, apa sih perbedaannya langsung saja ini uraiannya :

Hasil gambar untuk Indonesia  malaysia

Pertama,untuk kata "melayu" kita harus mendefinisikan makna tersebut terlebih dahulu sebelum saya menjelaskan perbedaan sehingga kalian tidak kebingungan.

1. Definis ras Melayu :

Sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok orang yang berbicara dengan bahasa Austronesia. Definisi ini mencakup etnis di Madagaskar sampai ke Hawaii.Tetapi, ini bukan kata "melayu" yang biasa digunakan di Asia Tenggara.

2. Definisi Etnis Melayu :

Ini mencakup kelompok etnis tertentu di Asia Tenggara yang kita kenal sebagai melayu. Ketika orang Indonesia mendengar kata Melayu mereka mengartikan dengan pernyataan ini.

3. Definisi Kepulauan Melayu :

Sebenarnya ini mengacu pada kepulauan di Asia Tenggara.

4. Definition Nusantara :

Nusantara adalah kata yang digunakan untuk menyatakan wilayah melayu. Kalau di Indonesia kata ini hanya mengacu pada wilayahnya sendiri.Kalau di Malaysia ini mencakup wilayah malaysia,Indonesia,Singapura,dan Brunei


5. Definisi [Bumiputera (Malaysia) & Pribumi (Indonesia)]:

Di Malaysia, istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang asli mereka sebelum kedatangan pendatang asing adalah Bumiputera. Di Indonesia dikenal sebagai Pribumi.Penjajah Eropa juga menggunakan definisi ini untuk membagi dan menaklukkan kelompok etnis yang berbeda pada saat itu.
- Pribumi / Bumiputera (Melayu, Jawa, Sunda, Bugis, dll)
- Timur Asing (Arab, India, Cina, dll)
- Setengah Eropa Half lokal (Kristang, Indo, Blasteran, dll)
Hasil gambar untuk melayu

Dari 5 definisi diatasa saya akan menggunakannya untuk menjabarkan melayu di Indonesia dengan di Malaysia itu sama atau berbeda ?.

Pribumi Indonesia:

- Memiliki bahasa dan budaya yang lebih beragam daripada di Malaysia. Ada 300 kelompok etnis dan beratus-ratus bahasa di Indonesia. Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan bahasa di Indonesia meskipun Malaysia dan Indonesia memiliki bahasa resmi yang sama. tetapi dialeknya berbeda, tapi dari bahasa yang sama

- Ibukota Indonesia adalah Jakarta.warga Jakarta asli dikenal sebagai Betawi. Di Indonesia kelompok etnis terbesar adalah Jawa.sehingga menurut saya perkembangan Indonesia lebih dipengaruhi oleh betawi
- Betawi sangat dipengaruhi oleh budaya Cina. Banyak kata-kata gaul Indonesia seperti Lu, Gua, Go Ceng, dll semua itu merupakan kata-kata dari Cina. Namun, karena kata-kata itu menyebar melalui budaya Betawi sebelum menyebar ke seluruh Indonesia, saya pikir Pribumi di Indonesia tidak menyadari bahwa itu awalnya dari Cina dan ingin cenderung untuk mengadopsi dari setiap aspek budaya lainnya yang masuk melalui media.
- Di Indonesia, Hukum Syariah terbatas hanya di daerah-daerah tertentu seperti Aceh. Ada juga banyak Pribumi yang Kristen dan Hindu. Jadi saya menyatakan Pribumi Indonesia itu lebih terbuka dan toleran,dan juga Ingat pribumi Indonesia bukan muslim saja.
- Ini mungkin tidak hanya mencakup Jakarta, yang merasa kelasa atas. Anda selalu dapat melihat orang-orang mengeluh tidak up to date pada tren fashion dan takut untuk dikatakan "kampungan". Sebagai perbandingan, Bumiputera di Kuala Lumpur tampaknya lebih cool dan santai.

Bumiputera Malaysia:

- Mayoritas kelompok etnis Bumiputera adalah Melayu , diikuti oleh Jawa, Sunda, Bugis dan Dayak.
- Sebenarnya, Indonesia bertindak sebagai media. Karena budaya pop Indonesia sangat populer di Malaysia. sehingga Bumiputera Malaysia mulai mengadopsi kata-kata gaul Indonesia seperti Lu dan Gua. Namun, Bumiputera yang mengadopsi kata-kata Cina tanpa Indonesia, melalui Manglish dan Singlish yang mengandung beberapa kata Cina.
- Praktek Hukum Syari'ah di Malaysia terbuka. Hal ini membuat Muslim Malaysia atau muslim Bumiputera lebih ketat dibandingkan dengan yang ada di Indonesia.
- Bahasa Malaysia memiliki kata-kata gaul yang cukup berbeda dari Bahasa Indonesia. Contoh Jika Malaysia "Jom" (mari kita pergi),kalau di Indonesia "cabut".
- Malaysia Bumiputera diketahui malas karena mereka secara politik didukung oleh pemerintah, dan dengan demikian merasa kurang bekerja keras. Hal ini menyebabkan Melayu selalu pergi untuk hangout.Dan saya pikir Masyarakat Indonesia tidak jauh berbeda
- Kembali ke apa yang saya katakan sebelumnya budaya pop tentang Indonesia, Bumiputera tampaknya lebih terbuka untuk budaya Indonesia daripada Pribumi dengan budaya Malaysia.
Hasil gambar untuk indonesia malaysia bersatu
Jadi menurut saya tidak banyak perbedaan antara Pribumi dan Bumiputera. Mungkin hanya perbedaan politik, tetapi perbedaan politik tidak menghalangi kenyataan bahwa Indonesia dan Malaysia berasal dari etnis yang sama.Jarak antara Indonesia-Malaysia tidak akan membuat kesenjangan budaya yang besar.

***
itulah uraian yang akan menjawab pertanyaan melayu malaysia dan Indonesia itu sama atau berbeda?
Jika kalian berbeda pendapat dengan saya, tolong utarakan melalui comment. Terimakasih
logoblog

Thanks for reading Samakah Melayu di Indonesia dan Malaysia ?

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar